FB Lke

Objek Wisata di Kota Palopo

Posted by emontok On Kamis, 29 November 2012 2 komentar
Palopo, merupakan kota yang memiliki keragaman budaya dan tradisi yang selalu menarik untuk diperhatikan. Tidak hanya itu, kota yang terletak di ujung utara Propinsi Sulawesi Selatan itu, berjarak 362 km dari Makassar, juga memiliki sejumlah lokasi wisata budaya dan alam yang potensial untuk dikembangkan. Kota Palopo juga tergolong kota yang bersih. buktinya, Kota Palopo sudah beberapa kali mengantongi penghargaan bergengsi di Bidang Kebersihan. diantaranya, Piala Adipura, dan masih banyak lagi. Kota yang berjuluk Kota IDAMAN (Indah, Damai, Aman) dikelilingi gunung-gunung yang sangat indah bila dipandang.

Berikut daftar objek wisata yang harus anda kunjungi jika datang ke Kota Palopo :

Masjid Jami' Tua Kota Palopo


Pembangunan masjid dimulai pada sekitar abad ke-16 tahun 1604 M oleh ulama yang berasal dari minangkabau, Sumatera “Datuk Sulaiman bergelar Datuk Pattimang”. Ukuran bangunan utama 11, 9 meter x 11,9 meter dan tinggi 3,64 meter, dinding masjid menggunakan batu setebal 0,94 meter yang direkatkan dengan putuh telur. Atap bersusun tiga dan dipuncaknya terdapat tempayan kramik sebagai mustaka yang mengandung falsafah LUWU, yaitu lampu, tongeng, benteng dan allele. Sedangkan mustaka adalah refresentasi dari sifat tuhan yang maha adil. Tiang utama sebagai penopang atap bermakna payung yang mengembang sebagai konsep tegaknya addatuang, dengan tinggi 8,5 meter dan diameter 90 cm dengan bahan kayu cengaduri. Konstruksi masjid sangat unik karena terdapat perpaduan unsur Beni Cina-Vietnam melalui arsitek POEMANTE. Luas lahan 1.680 m2. Pemugaran pertama tahu 1951 dengan mengganti lantai dengan tegel yang didatangkan dari Singapura. Kemudian pemugaran ketiga tahun 1981 yaitu memperbaiki pada bagian-bagian yang rusak, lalu pemugaran keempat dan kelima dengan melakukan penambahan luas bangunan.
Bagi masyarakat setempat, keberadaan Masjid Jami Tua di Kota Palopo ini dianggap sebagai pemersatu antar anggota masyarakat berdasarkan kesamaan agama.

Rumah Adat Langkanae dan LokkoE

Selain Masjid Jami Tua, beberapa bangunan bersejarah yang layak dijadikan tempat wisata budaya bersama keluarga di Kota Palopo adalah rumah adat Langkanae dan LokkoE (kuburan datu – datu Luwu).

Di rumah adat Langkanae ini, terdapat beberapa bangunan gedung bersejarah yang memiliki histori bagi masyarakat Palopo dan kawasan Luwu. Salah satunya adalah Istana Datu Luwu, yang saat ini difungsikan sebagai Museum Kerajaan Luwu dan diberi nama Museum La Galigo.

Lokasi rumah adat ini kerap digunakan sebagai tempat kegiatan sanggar budaya dan kegiatan adat lainnya.

Sementara kawasan wisata LokkoE yang terletak di Luminda, Sabbamparu, merupakan tempat pemakaman raja-raja (datu) Luwu. Tempat pemakaman ini menyerupai piramida yang ada di Mesir. Berbentuk kerucut dan di dalamnya disemayamkan para mendiang raja-raja Luwu yang dianggap dewan adat Luwu berhak dimakamkan di tempat pemakaman ini.

Bukit Sampoddo'

Bukit Sampoddo' terletak di wilayah Selatan Kota Palopo, merupakan lokasi wisata di mana Anda dapat menikmati eksotis kota Palopo yang terbingkai dalam tiga dimensi, yakni nuansa pegunungan, daratan dan daerah pesisir dengan sekali pandang.
Sambil menikmati keindahan kota, di tempat ini Anda juga bisa menikmati kelezatan jagung bakar dan jagung rebus yang diperjualbelikan oleh pedagang setempat.

Pantai Labombo

Berada di pusat kota. Sebuah suguhan panorama wisata bahari yang menawan. Sepanjang kawasan pantai dipenuhi barisan pohon kelapa dan beberapa gazebo terbangun indah. Selepas mata memandang, tampak birunya laut dan tempat pelelangan ikan (TPI) dan Pelabuhan Tanjung Ringgit terlihat jelas. Sarana rekereasi wisata bahari ini memiliki luas sekitar 2 Ha dan menjadi kawasan wisata andalan Palopo.

Desa Wisata Latuppa


Desa Latuppa terletak di Kecamatan Wara. Di desa ini, terdapat aliran sungai yang tidak pernah kering. Ditambah lagi, kekayaan alam di sekitarnya dengan berbagai macam buah-buahan. Biasanya, pada musim buah-buahan, masyarakat Palopo dan wisatawan dari luar mengunjungi daerah ini dan menikmati wisata alam sambil mandi di sungai sembari menikmati buah durian, rambutan dan langsat. Di kawasan ini, juga terdapat air terjun Latuppa yang menjadi lokasi wisata favorit bagi para remaja dan masyarakat umum.

Pulau Libukang

Pulau ini bisa ditempuh kurang lebih 20 Menit dari pusat kota.
pulau ini menyimpan sejuta keindahan yang eksotis. kalau tidak percaya, datang aja.

Permandian Alam Bambalu

terletak di Kelurahan Battang Barat (daerah pegunungan), permandian ini sangat diminati oleh para wisatawan Nasional maupun Internasional karena keindahannya.


Sumber : Berbagai sumber

2 komentar:

ikhwan the gembel mengatakan...

Kurang pmandian batu papan admin

INDRA HAIDIR mengatakan...

izin copy ya ka

Posting Komentar

Cool B themes Slider